Sejarah Desa

Desa Ciuyah merupakan suatu wilayah yang menjadi satu kesatuan dengan Desa Cisarua sekarang. Pada tahun 1982 berdasarkan pada ketentuan luas wilayah dan jumlah penduduk maka Pemerintah Kabupaten Sumedang mengeluarkan kebijakan pemekaran wilayah bagi Desa Ciuyah menjadi dua desa yaitu Desa Cisarua dan Desa Ciuyah sesuai dengan SK Bupati Sumedang Nomor 112/OP.023/Bup/SK/1982 tanggal 8 Juni 1982.

Dari cerita yang berkembang di kalangan masyarakat, dahulu di daerah ini sebagian besar penduduknya bermata pencaharian bertani. Daerah in terdapat sumber mata air asin dan penduduk sering menggunakan air asin tersebut untuk sarana irigasi sawahnya masing-masing. Hal tersebut sudah sering dilakukan masyarakat dan sudah menjadi hal yang lumrah bagi pertaniannya. Sehingga hal tersebutlah yang mendasari penamaan daerah tersebut dengan sebutan CIUYAH, yang dimana CI berasal dari kata CAI yang berarti air dan UYAH yang berarti Asin. Jadi CIUYAH dapat diartikan sebagai Desa yang memiliki sumber mata air asin.

Semenjak dilakukannya pemekaran wilayah Desa Ciuyah saat ini telah dipimpin oleh 5 (lima) orang kepala desa, kurang lebih usia desa Ciuyah sampai dengan saat ini adalah 37 tahun.

Bagikan Ke Teman :

Copyright © 2019. Pemerintah Desa Ciuyah. Powered by LendCreative